Selasa, 08 Mei 2012

Panduan Pengajuan Proposal Penelitian BAGI DOSEN

Tanggal : 08/03/2012
Panduan Pengajuan Proposal Penelitian
BAGI DOSEN STAIN JEMBER TAHUN 2012
 PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) JEMBER


 
PENDAHULUAN
Dengan adanya program sertifikasi dosen yang menuntut dilakukannya paling tidak satu penelitian dalam setahun bagi setiap dosen, serta untuk meningkatkan kompetensi dan mutu hasil penelitian dosen, maka tahun 2012 ini P3M membuka lebar-lebar bagi semua dosen STAIN Jember dengan mengesampingkan semua kebijakan tahun sebelumnya. Dengan kata lain, tahun ini adalah tahun pemutihan, agar semua dosen bisa mengikuti program penelitian kompetitif. Kebijakan ini difasilitasi P3M untuk periode 2012 dengan menetapkan quota yang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Adapun untuk menjaga semangat untuk terus meningkatkan kualitas penelitian, dirancang tiga kategori penelitian, yaitu: kategori satu, kategori dua dan kategori tiga. Kategori satu didesain untuk menghasilkan produk penelitian yang benar-benar memiliki standar mutu ilmiah tinggi, kompetitif, dan layak untuk diterbitkan dalam bentuk buku. Sehingga akuntabilitas dan kebermanfaatannya semakin dapat dirasakan oleh publik.  Kategori tiga dirancang sebagai sarana bagi dosen, untuk mengembangkan kompeten-sinya sebagai dosen-peneliti (scholar-reseacher) dan sekaligus meningkatkan mutu hasil penelitian nya. Sedangkan, kategori dua, didesain untuk menghasilkan produk penelitian yang memiliki standar mutu ilmiah tinggi, kompetitif namun tidak sampai masuk pada kategori satu dan di atas kategori tiga.
Dalam proses seleksinya, ketiga kategori penelitian tersebut, akan dilakukan sesuai dengan standar seleksi yang mengedepankan prinsip-prinsip obyektifitas, akuntabilitas, transparansi, dan kompetisi yang melibatkan tim penelaah yang kompeten.
  
 
NAMA DAN PENGERTIAN
Kegiatan ini bernama program penelitian kompetif bagi dosen. Terdapat tiga kategori penelitian yang ditawarkan yaitu penelitian kategori satu, kategori  dua dan kategori tiga. Penelitian kategori satu diproyeksikan untuk menjaring hasil penelitian yang benar-benar bermutu tinggi dan layak dipublikasikan dalam bentuk buku sehingga dapat mengangkat reputasi hasil riset PTAIN, dalam hal ini STAIN Jember di kancah nasional. Penelitian kategori dua dan tiga lebih diproyeksikan untuk memberikan pembinaan penelitian bagi dosen, namun tetap didasarkan pada prinsip seleksi dan kompetisi.
Adapun pelaksana penelitian ini adalah dosen tetap STAIN Jember yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana ditetapkan dalam panduan ini. Pelaksanaannya pun dilaksanakan secara selektif, obyektif berdasarkan mutu proposal yang diajukan dan kompetitif. Diharapkan penelitian yang dilakukan memiliki mutu ilmiah tinggi dan kebermanfaatan praksis bagi pemecahan problema keilmuan, kelembagaan, kemasyarakatan, dan kemanusiaan.
 
ORIENTASI PENELITIAN
  • Penelitian yang dilakukan hendaknya lebih diarahkan pada scientific enterprise daripada discourse ataupun policy research. Dengan meletakkan basis penelitian dalam ranah scientific enterprise, perguruan tinggi diharapkan akan menjadi sponsor penemuan berbagai teori.
  • Meskipun pada dasarnya penelitian didasarkan pada keseimbangan pendekatan deduktif (qur’aniyah) dan induktif (kauniyah), bagi PTAI yang hendak melangkah menuju research university, hendaknya lebih diorientasikan pada pendekatan induksi dan deduksi. Di luar kedua strategi ini, penelitian lebih berpeluang menemukan teori (finding theory) atau pembaharuan pemikiran paradigmatik, dibandingkan pendekatan deduksi dan retroductive yang cenderung hanya membuktikan pengetahuan yang sudah tersedia.
  • Untuk memehami realitas keagamaan yang kompleks dan dinamis hendaknya dilakukan pendekatan yang seimbang antara model civic-culture yang lebih menekankan derivasi atas sistem nilai, dengan model struktural yang menekankan pada ekologi struktur sosial, ekonomi dan ekologi lainnya. Dengan demikian seluruh penjelasan terhadap realitas sosial-keagamaan tidak hanya dibawa pada keharusan normatif yang bertumpu pada yang seharusnya (das sollen), tetapi lebih pada penjelasan riil yang bertumpu pada realitas yang sebenarnya (das sein).
  • Di tingkat epistemologi, perlakuan pemahaman keagamaan perlu adanya keseimbangan antara yang menekankan model untuk realitas (model for reality) dengan model mengenai realitas (model of reality). Artinya, realitas sosial yang dijadikan landasan untuk penafsiran doktrin keagamaan dijadikan rujukan utama. Sedangkan secara metodologis, khususnya dalam penafsiran realitas keagamaan, semangat penemuan kembali (hermeneutics of recovery) hendaknya diimbangi oleh tafsir kecurigaan (hermeneutics of suspicion) sebagai metode kritis. Dengan keseimbangan seperti ini kesempatan lahirnya pemikiran pembaharuan yang diderivasi dari doktrin keagamaan lebih dimungkinkan.
 
S A S A R A N
Sasaran yang ingin dicapai dengan program riset ini adalah:
  • Mendorong lahirnya scientific enterprise yang mampu memunculkan penemuan teori baru, penyegaran pemikiran dan/atau pembaruan pemikiran.
  • Memberikan alternatif strategi pemecahan suatu masalah tertentu dalam bidang keagamaan, kemasyarakatan, serta pendidikan.
  • Memperkaya alternatif temuan penelitian dengan berbagai macam coraknya dalam kerangka penguatan mutu keilmuan dan kelembagaan akademik.
  • Penyadaran dan pemberdayaan masyarakat, khususnya umat Islam dan kaum yang termarginalkan oleh struktur.
  • Mengidentifikasi pola-pola hubungan sosial-keagamaan, kelembagaan, struktur kekuasaan dan nilai-nilai serta mentalitas baru.
  • Pelaksanaan penelitian yang benar (sesuai dengan prosedur, kaidah, dan etika penelitian) dan hasil penelitian yang bermutu sehingga bisa memberikan sumbangan yang berarti bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan atau penyelesaian terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat bangsa dewasa ini.
 
CORAK, TEMA & RUANG LINGKUP PENELITIAN
Ada tiga corak/model penelitian yang ditawarkan, yaitu (1) scientific enterprise yang berorientasi pada penemuan teori; (2) problem solving yang berorientasi pada pemecahan masalah yang dihadapi umat Islam; dan (3) penemuan model sebagai contoh model resolusi konflik berbasis agama pada masyarakat, model penerapan strategi pembelajaran kontekstual di madrasah pinggiran, dll.
Adapun beberapa tema yang ditawarkan adalah meliputi bidang rumpun ilmu:
  1. Rumpun ilmu kependidikan Islam (Ketarbiyahan)
  2. Rumpun Ilmu Syariah
  3. Rumpun Ilmu Manajemen/ Ekonomi Syariah
  4. Rumpun Ilmu Dakwah
  5. Rumpun Ilmu Tafsir/ Hadits
Tema-tema di atas dapat dikaji dari perspektif disiplin keilmuan masing-masing dosen. STAIN Jember tidak akan memberi bantuan penelitian, jika tema yang ditulis di luar rumpun bidang keilmuan dosen yang bersangkutan.
Unsur dan Bobot Penilaian
Untuk menyeleksi proposal penelitian, semua kategori, dipergunakan unsur-unsur yang memiliki bobot sebagaimana ketentuan berikut:
No
Kriteria
Indikator
Bobot
1.
Perumusan Masalah
Ketajaman Perumusan Masalah dan Tujuan Penelitian

25
2.

Manfaat Hasil Penelitian
Pemecahan Masalah Praksis, Pengembangan dan Pembaharuan Ilmu-ilmu Keagamaan dan Kemasyarakatan

20
3.
Tinjauan Pustaka dan Kerangka Teoritik
Relevansi, Kemutakhiran Pustaka, Penelitian Terdahulu, dan Teori yang Dipakai

20
4.
Metode Peneliian
Ketepatan Metode Yang Digunakan
20
5.
Kelayakan Penelitian dan Hasil Presentasi Proposal Penelitian
Kesesuaian Keahlian, Kewajaran Biaya, Lingkup Penelitian dan Kejelasan Presentasi Proposal


15
 
SYARAT DAN KETENTUAN

A.     Peserta
Peserta penelitian tahun 2012 akan dibagi menjadi 4 (empat) kelompok, yakni Kelompok A, B, dan C;
Peserta Kelompok A, adalah
  1. Dosen tetap STAIN Jember.
  2. Tidak sedang aktif studi dan/atau tidak menerima bantuan studi dalam tahun 2012.
Peserta Kelompok B, adalah:
  1. Dosen tetap STAIN Jember.
  2. Sedang aktif studi dan/atau menerima bantuan studi dalam tahun 2012
Peserta Kelompok C, adalah:
  1. Dosen DPK STAIN Jember dan sudah sertifikasi.

B. Ketentuan Teknis
  1. Proposal penelitian yang diajukan harus otentik, bukan saduran dari skripsi, tesis, disertasi maupun hasil penelitian yang lain.
  2. Bersedia mempresentasikan proposal di hadapan forum seminar yang diselenggarakan oleh P3M STAIN Jember.
  3. Bagi yang lolos seleksi bersedia menandatangani kontrak kerja atau perjanjian yang akan ditetapkan kemudian.
  4. Tim seleksi hanya akan menerima proposal yang memenuhi sarat administratif dan ilmiah di atas.
  5. Proposal penelitian diserahkan ke P3M STAIN Jember sebanyak 3 (tiga) eksemplar sebelum batas akhir penyerahan. Dengan ketentuan: 1 (satu) eksamplar memuat lembar identitas proposal penelitian yang disahkan oleh Ketua STAIN Jember yang dijilid dengan sampul warna Hijau, dan 2 eksamplar tanpa lembar identitas dan pengesahan yang dijilid dengan sampul warna kuning.
  6. Bagi yang memperoleh dana bantuan, nantinya harus mempresentasikan seminar hasil penelitian yang diselenggarakan P3M.

 
 
QUOTA & PENDANAAN
Kegiatan penelitian ini dibiayai oleh DIPA STAIN Jember tahun anggaran 2012 dengan ketentuan besar biaya sebagai berikut:
       Untuk Kelompok A dibagi menjadi 3 katagori, yakni: (1) Penelitian kategori satu sebanyak 3 judul dengan besar anggaran setiap judul Rp. 6.000.000,-; (2) Penelitian kategori dua sebanyak 6 judul dengan besar anggaran setiap judul Rp. 5.000.000,- (3) Penelitian kategori tiga sebanyak 54 judul dengan besar anggaran setiap judul Rp. 3.500.000,-
Penentuan kategori ini nantinya didasarkan pada rentangan nilai hasil telaah dari Reviewer.
Rentang nilai masing-masing kategori sebagai berikut:
No
Kuota
Skor
Kategori
1.
3
80 s/d 100
SATU
2.
6
70 s/d < 80
DUA
3.
54
60 s/d <70
TIGA

Ketika terdapat nilai yang sama antara proposal dosen yang terlambat dan yang tidak terlambat (mengumpulkan laporan penelitian sebelum nya), maka yang diutamakan adalah proposal milik dosen yang tidak terlambat.
Ketika terdapat nilai yang sama antar proposal dosen yang sama-sama terlambat atau sama sama tidak terlambat, maka yang diutamakan adalah mereka yang lebih dahulu mengumpulkan laporan pada penelitian tahun sebelumnya.
       Untuk Kelompok B dengan kuota 35 dosen akan memperoleh bantuan penelitian sebesar Rp. 1.500.000,- s/d Rp. 2.000.000,-
       Untuk Kelompok C dengan kuota 3 dosen akan memperoleh bantuan penelitian sebesar Rp. 1.000.000,- s/d Rp. 1.500.000,-
       Bagi dosen STAIN yang mengajar di Program pascasarjana, terdapat alokasi Penelitian bagi Program pascasarjana dengan jumlah total Rp. 60.000.000,-
Mengingat biaya operasional untuk seleksi proposal, seminar proposal, dan seminar hasil penelitian yang kurang memadahi, maka segala kekurangan terkait pembiayaan pelaksanaan kegiatan di atas akan dibebankan kepada peneliti dengan besaran yang akan ditetapkan kemudian.
 

      PETUNJUK UMUM        PENYUSUNAN PROPOSAL,

            DAN LAPORAN AKHIR PENELITIAN
Petunjuk Umum
a)      Setiap proposal yang dilaksanakan di PTAIN harus melalui tahap pengusulan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.
b)      Proposal harus disusun secara seksama dengan tetap mengacu kepada pedoman penulisan karya ilmiah dan/atau pedoman penelitian  STAIN Jember.
c)       Penyimpangan dari petunjuk akan dapat mempengaruhi penilaian proposal.
       Petunjuk Teknis  Pelaporan
a)      Proposal/laporan akhir hasil penelitian ditulis sesuai dengan format yang telah disediakan.
b)      Proposal/laporan akhir hasil penelitian diketik dengan huruf (font) Times New Roman, ukuran 12, spasi 1 ½ (satu setengah), maksimal 12 halaman (termasuk referensi).
c)       Laporan akhir hasil penelitian minimal 60 halaman.
d)      Proposal/laporan akhir hasil penelitian diketik pada kertas ukuran A4 (297 x 210 mm), dengan margin kiri 4 cm, kanan 3 cm, atas 4, dan bawah 3 cm.
e)      Menyerahkan laporan akhir hasil penelitian sebanyak 6 (enam) eksemplar dijilid warna Hijau.
f)       Menyerahkan artikel penelitian (format mengikuti Petunjuk Bagi Penulis Jurnal FENOMENA STAIN Jember) hard copy serta soft copy, lengkap dengan abstraknya dalam bahasa Inggris dan Arab.
g)      Diperkenankan penulisan proposal dan laporan akhir penelitian menggunakan bahasa Arab dan Inggris.
h)      Penyerahan laporan akhir penelitian adalah 30 September 2012.

§  Sistematika Usulan Penelitian
Rancangan penelitian sekurang-kurangnya dibuat dengan sistematika usulan penelitian dengan muatan isi proposal sebagai berikut:
1.     Judul Penelitian
Judul penelitian hendaklah singkat dan spesifik, tetapi cukup jelas memberi gambaran mengenai penelitian yang diusulkan.
2.    Abstrak
Uraikan secara singkat dan jelas maksimal 1 halaman abstrak usulan penelitian anda. 
3.    Latar Belakang Masalah/Signifikansi
        Penelitian dilakukan untuk menjawab keingintahuan peneliti untuk mengungkap-kan suatu gejala/konsep/ dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Kemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan penelitian. Uraikan proses mengenai identifikasi masalah penelitian.
4.    Telaah Pustaka
Yang dimaksud dengan telaah pustaka di sini adalah studi terhadap pustaka terdahulu yang mengkaji tema serupa, sehingga dapat diketahui posisi penelitian yang akan dilakukan peneliti. Telaah terhadap kepustakaan atau hasil-hasil penelitian terdahulu menjadi kriteria penilaian tersendiri.
5.    Perumusan Masalah/Fokus Penelitian
        Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti. Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang diteliti, hipotesis yang akan diuji atau dugaan yang akan dibuktikan. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi, asumsi, ruang lingkup yang menjadi batasan penelitian. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk pertanyaan.
6.    Tujuan Penelitian
        Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan penelitian. Penelitian dapat bertujuan untuk menjajagi, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, atau membuat suatu prototipe.
7.    Manfaat/Kontribusi Penelitian
        Uraikan kontribusi penelitian pada pengembangan ilmu keislaman, kemasyarakatan, dan humaniora, serta pemecahan masalah atau pengembangan kelembagaan sesuai dengan tema yang ditentukan di atas.
8.    Kerangka Teoritik
        Telaah teoritik atau kerangka teoritik menguraikan teori, konsep, dan persepktif yang akan dijadikan landasan konseptual untuk melakukan penelitian yang diusulkan.
9.    Metode Penelitian
        Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci. Uraian dapat meliputi variabel dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Untuk penelitian yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis informasi, proses penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.
10.  Daftar Pustaka/Rujukan
Tulis secara lengkap rujukan ataupun literatur yang anda gunakan dalam penulisan usulan penelitian anda.
11.   Jadwal Pelaksanaan
        Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian dalam bentuk bar-chart. Bar-chart memberikan rincian kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan tersebut. Jadwal pelaksanaan mengacu pada metode penelitian.
12.   Perkiraan Biaya Penelitian
        Berikan rincian biaya penelitian yang mengacu pada kegiatan penelitian yang diuraikan dalam metode penelitian. Rekapitulasi biaya penelitian meliputi antara lain: (1) honorarium maksimal 20%; (2) bahan dan peralatan penelitian; (3) perjalanan; (4) biaya lain-lain seperi pembuatan laporan dan lain-lain.
13.   Lampiran-lampiran
        Lampiran diletakkan terpisah dari proposal penelitian, yang terdiri dari: (1) riwayat hidup peneliti; dan (2) identitas penelitian dalam bentuk lembar pengesahan proposal (masing-masing satu lembar).
 

Pencairan dana

Pencairan dana penelitian tahun 2012 akan dibagi menjadi 2 (dua) termin, yakni:
* Termin Pertama: dana penelitian akan dicairkan 40 % dari grade yang diperoleh setelah dilaksanakan telaah oleh Reviewer dan diketahui nominasi gradenya.
 * Termin Kedua: dana penelitian akan dicairkan 60% sisanya dari grade, setelah ada seminar hasil penelitian dan memenuhi sarat dalam Petunjuk Teknis Pelaporan.
10
 

JADWAL KEGIATAN

 

NO.

TANGGAL

KEGIATAN

1.

1 Maret s/d 30 Maret 2012

Sosialisasi, penyebaran informasi, lembar panduan penelitian ke dosen, dan masa pendaftaran

2.

31 Maret s/d 1 April 2012

Seleksi administrasi

3.

2  April s/d 15 2012

Review

4.

16 s.d 17 April 2012

Presentasi proposal penelitian

5.

17 April 2012

Pengumuman hasil seleksi dan seminar proposal penelitian

6.

20 – 21 April  2012

Penandatanganan kontrak dan pengambilan dana penelitian tahap pertama (40 %)

7.

1 September 2012

Mengumpulkan laporan  progress report 1 (satu) eksemplar

8.

30 Nopember 2012

Batas akhir penyerahan laporan hasil penelitian, artikel beserta copy disket

9.

6 Desember 2012

Seminar Akhir dan pengambilan sisa 60% dana

 
P E N U T U P
Demikian panduan riset bagi dosen dibuat untuk dijadikan sebagai acuan dalam pengajuan usulan penelitian dan sekaligus penyusunan laporan akhir hasil penelitian nantinya. Adapun hal-hal terkait yang belum dicantumkan dalam panduan akan dibahas kemudian.

 Jember, 1 Maret 2012
An. Ketua
Kepala P3M,
ttd


Moch. Chotib, S. Ag., M.M.
NIP. 19710727 200212 1 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar