BAB II PEMBAHASAN
A. Lafazd hadits:
عن عباد بن تميم عن
عمه عبد الله بن زيد : أن النبي صلى الله عليه و سلم أتي بثلثي مد ماء فتوضأ فجعل
يدلك ذراعيه
Hadits dari Ubbad b. Tamim dari
pamanya yaitu Abdullah b. Zaied bahwasanya “Nabi saw. membawa dua sepertiga
mud air, kemudian berwudu’ maka mengusap kedua lenganya”
Hadits diatas menjadi landasan para
ulama bahwa kalau air sedikit maka boleh berwudu’
dengan mengusap kedua lengan saja tanpa
dibasuh.
B. Letak hadits
Hadits dengan matan yang persis sama dengan
hadits diatas diriwayatkan oleh Ibn Hibban dari jalur Ubbad b. Tamim berpangkal
pada Abdullah b. Zaied dan Ahamad dan Ibn Khuzaimah degan jalur yang sama yaitu
Ubbad b. Tamim, tetapi berpangkal pada Ummu ‘Imarah binti Ka’ab, dengan Sanad
masing-masing adalah sebagai berikut:
أخرج أحمد قال : حدثنا أبو داود الطيالسي عن شعبة ، عن حبيب بن زيد ، عن عباد
بن تميم ، عن عمه عبد الله بن زيد : أَنَّ
النَّبِىَّ , صلى الله عليه وسلم , أُتِيَ بِثُلُثَيْ مُدٍّ مَاءً فَتَوَضَّأَ ,
فَجَعَلَ يَدْلُكُ ذِرَاعَيْهِ.
أخرج ابن حبان قال: أخبرنا أحمد بن يحيى بن زهير قال : حدثنا أبو كريب
قال : حدثنا ابن أبي زائدة عن شعبة عن حبيب بن زيد عن عباد بن تميم عن عمه عبد
الله بن زيد : أن النبي صلى الله عليه و سلم أتي بثلثي مد ماء فتوضأ فجعل يدلك
ذراعيه
قال شعيب الأرنؤوط :
إسناده صحيح
أخرج ابن خزيمة قال: حدثنا محمد بن العلاء
بن كريب الهمداني ، حدثنا يَحيى بن أبِي زائدة عن شعبة ، عن
حبيب بن زيد ، عن عباد بن تميم ، عن جَدته أُم عُمارة بنت كعب ، أَنَّ النَّبِىَّ
, صلى الله عليه وسلم , أُتِيَ بِثُلُثَيْ مُدٍّ مَاءً فَتَوَضَّأَ , فَجَعَلَ
يَدْلُكُ ذِرَاعَيْهِ.
C.
Redaksi Hadits matan yang semakna
Selain Hadits dengan redaksi diatas, tidak terdapat
matan hadits yang semakna dengan hadits tersebut. dalam penelusuran kami tidak
ditemukan matan hadits yang semakna
dengan hadits tersebut.
D.
Analisis Sanad Hadits
Hadits yang diteliti sanadnya adalah
hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad b. Hanbal dari jalur
Ubbad b. Tamim berpangkal pada Abdullah b. Zaied, Data-data periwayatanya
adalah sebagai berikut:
1.
Abdullah b. Zaied
Nama lengkapnya adalah Abdullah b.
Zaied b.
ashim b. ka’ab al-Ashoriy al-mazi, al-Madaniy, kunyahnya Abu Muhammad, Ibn
Hajar memasukanya Thabaqat Pertama (Thabaqat Sahabat)
wafat tahun 63 H. masuk dalam rijal al-Bukhori, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi,
al-Nasa’I dan Ibn Majah.
Abdullah b. Zaied menerima
hadits langsung dari nabi saw. Sedangkan orang yang menerima hadits dari Abdullah
b. Zaied adalah Sa’id b. al-Musayyib, Ubbad b. Tamim, Wasi’ b. Hibban, Yahya b,
Imarah dan Abu Sufyan Maula Ibn Abi Ahmad.
2.
Ubbad b. Tamim
Nama lengkapnya adalah Ubbad b.
Tamim b. Ghaziyah al-Ashoriy al-mazi, al-Madaniy, Ibn Hajar memasukanya Thabaqat
ketiga (Thabaqat al-Wustha al-Tabi’in) masuk dalam rijal
al-Bukhori, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
Ubbad b. Tamim menerima hadits dari pamanya
yaitu Abdullah b. Zaied, Tamim b. Ghaziyah bapaknya sendiri, Abdullah b. Zaied,
‘Uwaimir b, Asyqar, Abi Basyir al-Ashoriy, Abi Sa’id al-Khudriy, Ummu ‘Imarah
binti Ka’ab dan lain-lain, Sedangkan orang yang menerima hadits dari Ubbad b.
Tamim diantaranya adalah: Habib b. Zaied, Abdullah b. Abi Bakar b. Muhammad,
Imarah b. Ghaziyah, Amr b. Yahya b. Imarah dan lain-lain.
Penilaian kritikus hadits terhadap
pribadi Ubbad b. Tamim Habib adalah
sebagai berikut: Ibn hajar, al-Dzahabiy
dan al-nasa’I mengomentarinya “tsiqatun”,
Ibn Hibban memasukanyadalam orang-orang yang tsiqah, al-‘Ijli menilai “Tabi’iyyun
Tsiqaatun”.
3.
Habib b. Zaied
Nama lengkapnya adalah Habib b. Zaied
b. Khallad al-Ashoriy, al-Madaniy, Ibn Hajar memasukanya pada Thabaqat
ketujuh (Thabaqat Kubbat ‘Atba’ al-Tabi’in) wafat tahun 128 H. masuk
dalam rijal Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
Habib b. Zaied menerima hadits dari Ubbad
b. Tamim, Anisah binti Zaied b. Arqam dan Laila Mailatu Ummi
Imarah, Sedangkan orang yang menerima
hadits dari Habib b. Zaied adalah: Syarik b. Abdullah al-Nakha’I, Syu’bah b.
Hajjaj dan Muhammd b. Ishaq b. Yasar.
Penilaian kritikus hadits terhadap
pribadi Habib b. Zaied adalah sebagai berikut: Ibn hajar, al-Dzahabiy dan
al-nasa’I mengomentarinya “tsiqatun”,
Abu Hatim al-Raziy menilainya Shalihun, Ibn Hibban memasukanyadalam orang-orang
yang tsiqah.
4.
Syu’bah b. Hajjaj
Nama lengkapnya adalah Syu’bah b.
Hajjaj b. alWard al-Azdariy, Ibn Hajar memasukanya pada Thabaqat ketujuh
(Thabaqat Kubbar ‘Atba’ al-Tabi’in) wafat tahun 160 H. masuk dalam
rijal al-Bukhoriy, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
Syu’bah b. Hajjaj menerima hadits
dari Habib b. Zaied, Aban b. Taghlib, Ibrahim b. Muhammad al-Muntasyar, Ibrahim
b. Muslim al-Hijriy, Ibrahim b. Muhajir, Ibrahim b. Maisaroh dan lain-lain. Sedangkan
orang yang menerima hadits dari Syu’bah b. Hajjaj diantaranya adalah: Ibrahim
b. Sa’ad al-Zuhriy, Ibrahim b. Thahman, Ibrahim b. Mukhtar al-Raziy, Asad b.
Musa, Abu Daud al-Thayalisi dan lain-lain.
Penilaian kritikus hadits terhadap
pribadi Syu’bah b. Hajjaj sebagai berikut: Ibn hajar mengomentarinya Tsiqatun,
Hafizdun, Mutqinun, al-Dzahabiy dan al-Tsauri menilainya Amir al-Mukminin fi
al-Hadits Cuma ada sedikit kesalahan dalam menyebut nama-nama rijal, Yahya b.
Ma’in menilainya Imam al-Muttaqin.
5.
Abu Daud al-Thayalisi
Nama lengkapnya adalah Sulaiman b. Daud
b. al-Jarud, Abu Daud al-Thayalisi al-Basriy, Ibn Hajar memasukanya pada Thabaqat
kesembilan (Thabaqat Sighar ‘Atba’ al-Tabi’in) wafat tahun 204 H.
masuk dalam rijal al-Bukhoriy, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn
Majah.
Abu Daud al-Thayalisi menerima
hadits dari Syu’bah b. Hajjaj dari Syu’bah b. Hajjaj, Aban b. Yazid al-Athar,
Ibrahim b. Sa’ad, Israil b. Yunus, Jarir b. Hazim, Jarir b. Abdul Hamid dan
lain-lain. Sedangkan orang yang menerima hadits dari Abu Daud al-Thayalisi diantaranya
adalah: Ibrahim b. Marzuq al-Basriy, Ahmad b. Ibrahim, Ahmad b. Sanan
al-Qattan, Ahmad b. Hanbal dan lain-lain.
Penilaian kritikus hadits terhadap
pribadi Abu Daud al-Thayalisi sebagai berikut: Ibn hajar mengomentarinya
Tsiqatun, Hafizdun akan tetapi ada kesalahan dalam beberapa hadits, al-Dzahabiy
menilainya al-Hafizd, Ibrahim b. Sa’id al-Jauhari mengomentarinya “Abu Daud
al-Thayalisi melakukan kesalahan dalam seribu hadits” al-Nasa’I menilainya Tsiqatun,
Ibn Hibban juga memasukanyadalam orang-orang yang tsiqah.
6. Ahmad b. Hanbal
Nama lengkapnya Ahmad b. Muhammad b.
Hanbal b. Hilal b. Asad a-Syaibani, Kunyahnya adalah Abu Abdullah, lahir di
Baghdad pada tahun 164 H. wafat tahun 241 H. Masuk Tabaqah kesepuluh, Thabaqat
Kubbar al-Ἆkhidzin ‘an Tubu’ al-Atba’.
Ahmad b. Hanbal menerima hadits dari
Ibrahim b. Khalid al-Shan’ἆni, Ibrahim b. Sa’ad al-Zuhriy, Ibrahim b. Syamas
al-Samarqandiy, Ismail b. Aliyah, Kahalaf b. Hisyam dan lain-lain. Sedangkan
orang yang menerima hadits dari Ahmad b. Hanbal diantaranya adalah:
al-Bukhariy, Muslim, Abu Daud, Kahalaf b. Hisyam dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar