Selasa, 27 November 2012

Sagita Kasman Tugas


BAB II PEMBAHASAN
A. Lafazd hadits:
عن عباد بن تميم عن عمه عبد الله بن زيد : أن النبي صلى الله عليه و سلم أتي بثلثي مد ماء فتوضأ فجعل يدلك ذراعيه
            Hadits dari Ubbad b. Tamim dari pamanya yaitu Abdullah b. Zaied bahwasanya “Nabi saw. membawa dua sepertiga mud air, kemudian berwudu’ maka mengusap kedua lenganya”
            Hadits diatas menjadi landasan para ulama bahwa kalau air sedikit maka boleh berwudu’ dengan mengusap kedua lengan  saja tanpa dibasuh.
B. Letak hadits
             Hadits dengan matan yang persis sama dengan hadits diatas diriwayatkan oleh Ibn Hibban dari jalur Ubbad b. Tamim berpangkal pada Abdullah b. Zaied dan Ahamad dan Ibn Khuzaimah degan jalur yang sama yaitu Ubbad b. Tamim, tetapi berpangkal pada Ummu ‘Imarah binti Ka’ab, dengan Sanad masing-masing adalah sebagai berikut:

أخرج أحمد قال : حدثنا أبو داود الطيالسي عن شعبة ، عن حبيب بن زيد ، عن عباد بن تميم ، عن عمه عبد الله بن زيد : أَنَّ النَّبِىَّ , صلى الله عليه وسلم , أُتِيَ بِثُلُثَيْ مُدٍّ مَاءً فَتَوَضَّأَ , فَجَعَلَ يَدْلُكُ ذِرَاعَيْهِ.
أخرج ابن حبان قال: أخبرنا أحمد بن يحيى بن زهير قال : حدثنا أبو كريب قال : حدثنا ابن أبي زائدة عن شعبة عن حبيب بن زيد عن عباد بن تميم عن عمه عبد الله بن زيد : أن النبي صلى الله عليه و سلم أتي بثلثي مد ماء فتوضأ فجعل يدلك ذراعيه
قال شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح
أخرج ابن خزيمة قال: حدثنا محمد بن العلاء بن كريب الهمداني ، حدثنا يَحيى بن أبِي زائدة عن شعبة ، عن حبيب بن زيد ، عن عباد بن تميم ، عن جَدته أُم عُمارة بنت كعب ، أَنَّ النَّبِىَّ , صلى الله عليه وسلم , أُتِيَ بِثُلُثَيْ مُدٍّ مَاءً فَتَوَضَّأَ , فَجَعَلَ يَدْلُكُ ذِرَاعَيْهِ.
C. Redaksi Hadits matan yang semakna
            Selain Hadits dengan redaksi diatas, tidak terdapat matan hadits yang semakna dengan hadits tersebut. dalam penelusuran kami tidak ditemukan  matan hadits yang semakna dengan hadits tersebut.
D. Analisis Sanad Hadits
            Hadits yang diteliti sanadnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad b. Hanbal dari jalur Ubbad b. Tamim berpangkal pada Abdullah b. Zaied, Data-data periwayatanya adalah sebagai berikut:
1. Abdullah b. Zaied
            Nama lengkapnya adalah Abdullah b. Zaied b. ashim b. ka’ab al-Ashoriy al-mazi, al-Madaniy, kunyahnya Abu Muhammad, Ibn Hajar memasukanya Thabaqat Pertama (Thabaqat Sahabat) wafat tahun 63 H. masuk dalam rijal al-Bukhori, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
            Abdullah b. Zaied menerima hadits langsung dari nabi saw. Sedangkan orang yang menerima hadits dari Abdullah b. Zaied adalah Sa’id b. al-Musayyib, Ubbad b. Tamim, Wasi’ b. Hibban, Yahya b, Imarah dan Abu Sufyan Maula Ibn Abi Ahmad.
2. Ubbad b. Tamim
            Nama lengkapnya adalah Ubbad b. Tamim b. Ghaziyah al-Ashoriy al-mazi, al-Madaniy, Ibn Hajar memasukanya Thabaqat ketiga (Thabaqat al-Wustha al-Tabi’in) masuk dalam rijal al-Bukhori, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
            Ubbad b. Tamim menerima hadits dari pamanya yaitu Abdullah b. Zaied, Tamim b. Ghaziyah bapaknya sendiri, Abdullah b. Zaied, ‘Uwaimir b, Asyqar, Abi Basyir al-Ashoriy, Abi Sa’id al-Khudriy, Ummu ‘Imarah binti Ka’ab dan lain-lain, Sedangkan orang yang menerima hadits dari Ubbad b. Tamim diantaranya adalah: Habib b. Zaied, Abdullah b. Abi Bakar b. Muhammad, Imarah b. Ghaziyah, Amr b. Yahya b. Imarah dan lain-lain.
            Penilaian kritikus hadits terhadap pribadi Ubbad b. Tamim Habib adalah sebagai berikut:  Ibn hajar, al-Dzahabiy dan al-nasa’I  mengomentarinya “tsiqatun”, Ibn Hibban memasukanyadalam orang-orang yang tsiqah, al-‘Ijli menilai “Tabi’iyyun Tsiqaatun”.
3. Habib b. Zaied
            Nama lengkapnya adalah Habib b. Zaied b. Khallad al-Ashoriy, al-Madaniy, Ibn Hajar memasukanya pada Thabaqat ketujuh (Thabaqat Kubbat ‘Atba’ al-Tabi’in) wafat tahun 128 H. masuk dalam rijal Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
            Habib b. Zaied menerima hadits dari Ubbad b. Tamim, Anisah binti Zaied b. Arqam dan Laila Mailatu Ummi Imarah,  Sedangkan orang yang menerima hadits dari Habib b. Zaied adalah: Syarik b. Abdullah al-Nakha’I, Syu’bah b. Hajjaj dan Muhammd b. Ishaq b. Yasar.
            Penilaian kritikus hadits terhadap pribadi Habib b. Zaied adalah sebagai berikut: Ibn hajar, al-Dzahabiy dan al-nasa’I  mengomentarinya “tsiqatun”, Abu Hatim al-Raziy menilainya Shalihun, Ibn Hibban memasukanyadalam orang-orang yang tsiqah.


4. Syu’bah b. Hajjaj
            Nama lengkapnya adalah Syu’bah b. Hajjaj b. alWard al-Azdariy, Ibn Hajar memasukanya pada Thabaqat ketujuh (Thabaqat Kubbar ‘Atba’ al-Tabi’in) wafat tahun 160 H. masuk dalam rijal al-Bukhoriy, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
            Syu’bah b. Hajjaj menerima hadits dari Habib b. Zaied, Aban b. Taghlib, Ibrahim b. Muhammad al-Muntasyar, Ibrahim b. Muslim al-Hijriy, Ibrahim b. Muhajir, Ibrahim b. Maisaroh dan lain-lain. Sedangkan orang yang menerima hadits dari Syu’bah b. Hajjaj diantaranya adalah: Ibrahim b. Sa’ad al-Zuhriy, Ibrahim b. Thahman, Ibrahim b. Mukhtar al-Raziy, Asad b. Musa, Abu Daud al-Thayalisi dan lain-lain.
            Penilaian kritikus hadits terhadap pribadi Syu’bah b. Hajjaj sebagai berikut: Ibn hajar mengomentarinya Tsiqatun, Hafizdun, Mutqinun, al-Dzahabiy dan al-Tsauri menilainya Amir al-Mukminin fi al-Hadits Cuma ada sedikit kesalahan dalam menyebut nama-nama rijal, Yahya b. Ma’in menilainya Imam al-Muttaqin.
5. Abu Daud al-Thayalisi
            Nama lengkapnya adalah Sulaiman b. Daud b. al-Jarud, Abu Daud al-Thayalisi al-Basriy, Ibn Hajar memasukanya pada Thabaqat kesembilan (Thabaqat Sighar ‘Atba’ al-Tabi’in) wafat tahun 204 H. masuk dalam rijal al-Bukhoriy, Muslim, Abu Daud al-Tirmidzi, al-Nasa’I dan Ibn Majah.
            Abu Daud al-Thayalisi menerima hadits dari Syu’bah b. Hajjaj dari Syu’bah b. Hajjaj, Aban b. Yazid al-Athar, Ibrahim b. Sa’ad, Israil b. Yunus, Jarir b. Hazim, Jarir b. Abdul Hamid dan lain-lain. Sedangkan orang yang menerima hadits dari Abu Daud al-Thayalisi diantaranya adalah: Ibrahim b. Marzuq al-Basriy, Ahmad b. Ibrahim, Ahmad b. Sanan al-Qattan, Ahmad b. Hanbal dan lain-lain.
            Penilaian kritikus hadits terhadap pribadi Abu Daud al-Thayalisi sebagai berikut: Ibn hajar mengomentarinya Tsiqatun, Hafizdun akan tetapi ada kesalahan dalam beberapa hadits, al-Dzahabiy menilainya al-Hafizd, Ibrahim b. Sa’id al-Jauhari mengomentarinya “Abu Daud al-Thayalisi melakukan kesalahan dalam seribu hadits” al-Nasa’I menilainya Tsiqatun, Ibn Hibban juga memasukanyadalam orang-orang yang tsiqah.
6. Ahmad b. Hanbal
            Nama lengkapnya Ahmad b. Muhammad b. Hanbal b. Hilal b. Asad a-Syaibani, Kunyahnya adalah Abu Abdullah, lahir di Baghdad pada tahun 164 H. wafat tahun 241 H. Masuk Tabaqah kesepuluh, Thabaqat Kubbar al-Ἆkhidzin ‘an Tubu’ al-Atba’.
            Ahmad b. Hanbal menerima hadits dari Ibrahim b. Khalid al-Shan’ἆni, Ibrahim b. Sa’ad al-Zuhriy, Ibrahim b. Syamas al-Samarqandiy, Ismail b. Aliyah, Kahalaf b. Hisyam dan lain-lain. Sedangkan orang yang menerima hadits dari Ahmad b. Hanbal diantaranya adalah: al-Bukhariy, Muslim, Abu Daud, Kahalaf b. Hisyam dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar