Rabu, 11 April 2012

STAIN JEMBER

KUDUS, suaramerdeka.com - STAIN Kudus menjadi tuan rumah "Pekan Pengembangan Minat Bakat Mahasiswa" atau Porseni Mahasiswa STAIN Se-Jawa ke-10 yang bakal diselenggarakan pada 20-22 April 2012. Setidaknya 10 STAIN menyatakan berpartisipasi di ajang perlombaan olah raga dan keagamanaan tiga tahun sekali itu.
Menurut Ketua Panitia PPMBM STAIN Kudus, Saekhan Mukhit, ajang tersebut sebagai wadah pengembangan bakat mahasiswa secara sportif dan fair. Mahasiswa diberikan kesempatan mengembangkan kemampuan di luar bidang akademik. Ajang tersebut justru menunjang karakter mahasiswa.
Setidaknya tujuh cabang olah raga bakal dilombakan, yakni bola voli, bulu tangkis, tenis meja, futsal, tenis lapangan, catur, dan panjat dinding. Namun, hanya dua cabor yang tidak diikuti kontingen perempuan, yakni cabor futsal dan panjat dinding.
Selain itu, cabang perlombaan seni keagamaan juga digelar, yakni musabaqah tilawatil quran (MTQ), musabaqah kandungan quran, musabaqah hifdul quran, kaligrafi, dan pidato dua bahasa (inggris dan arab). "Setidaknya 500 kontingen mahasiswa dari seluruh STAIN di Jawa siap hadir mengikuti perlombaan," ujar Saekan, Kamis (9/2).
Ajang ini rencananya diikuti oleh STAIN Kudus, IAIN Surakarta, STAIN Pekalongan, STAIN Salatiga, STAIN Tulungagung, STAIN Kediri, STAIN Pamekasan, STAIN Ponorogo, STAIN Purwokerto. Diperkirakan, jumlah peserta masih bertambah seiiring proses persiapan.
Saekan menjamin proses perlombaan yang berlangsung akan fair dan jujur. Pasalnya baik wasit maupun juri perlombaan dipastikan bukan civitas akademika STAIN Kudus. Semua diambilkan dari luar kampus untuk menjaga netralitas. "STAIN Kudus menargetkan juara umum, namun menjamin tidak akan intervensi perlombaan," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar