Selasa, 03 April 2012

MANHAJ AL-MUFASSIRIN


MANHAJ AL-MUFASSIRIN
“FAHKRUDDIN AL-RAZIY”
            Fakruddin al-Raziy nama lengkapnya adalah Abu Abdillah, Muhammad bin Umra, bin al-Husain bin al-Hasan bin Ali al-Tamimi, al-Bakriy al-Thabaaristaniy, al-Raziy yang dilaqabi dijuluki dengan Fakruddin dan dikenal dengan ibnu al-Khatib, pengikut Mazdhab Syafi’I, lahir tahun 544 H. dizamanya adalah orang nomer satu dan tidak ada tandinganya, menguasai dan mendalami beberapa disilin ilmu, beliau adalah imam dibidang ilmu tafsir, kalam, ilmu-ilmu logika dan ilmu bahasa, keilmuan belia diakaui dan tersebar diberbagai belahan dunia dimasa itu, dibuktikan dengan banyakanya para ulama yang belajar kepada beliau dari berbagai Negara dan penjuru bumi, beliau belajar pada ayahnya sendiri yaitu Dliya’uddin, yang dikenal dengan Khatib al-Rayyi, dan kepada al-Kamal al-Sama’I, al-Majd al-Jailiy, dan kepada beberapa ulama dimasanya, kelebihan beliau yang lain adalah pintar berceramah (al-Wa’dlu)  samapi-sampai beliau mamapu berceramah (al-Wa’dlu) dengan bahasa arab dan ajam,( non arab), disaat berceramah beliau mendapatka al-wujda dan sambil menangis.
Karya-karya Fakruddin al-Raziy
            Beliau banyak mengarang kitab-kitab yang beraneka ragam dari berbagai macan disiplin ilmu, Sebagai seorang ulama, sebagaimana telah disebutkan, beliau memiliki pengetahuan yang cukup luas, bukan hanya dalam bidang tafsir melainkan juga dalam bidang ushul fiqh, fiqh, teologi, nahwu, manthiq, dan Karya-karya tersebut tersebar diberbagai Negara, dan mejadi rujukan para perktisi keilmuan, sampai Karya-karya beliau dikedepankan dari pada Karya-karya ulam terdahulu.
            Dan yang paling terkenal dari Karya-karya Fakruddin al-Raziy dalah Tafsir al-Kabir, atau dikenal Mafatih al-Ghaib yang menjadi bahasan pada materi kuliah kali ini, diawal penafsiranya, al-Raziy menafsirkan surat al-Fatihah dalam satu jilid, beliau sangat menguasai ilmu kalam, ilmu al-Bayan dan sangat lihai dalam mengemukakan dalil untuk menolak orang-orang yang menyeleweng dan membangkang. dalam ilmu usul al-Fiqh al-Raziy menulis buku “ al-Mahsul ” dalam ilmu Hikmah beliau menulis buku “Syrah al-Isyarat” dan dalam ilmu Fiqh al-Raziy menulis buku “ Syarh al-Wajiz ” dan masih banyak Karya-karya Fakruddin al-Raziy yang bisa dimanfaatkan oleh para pencari ilmu. Beliau wafat pada tahun 606 H. di al-Rayyu
Sejarah Penulisan Tafsir al-Raziy
            Tafsir al-Raziy berbentuk delapan jilid yang besar-besar dan banyak dicetak diberbagai Negara, menurut Ibnu Qadli Syu’bah, Fakruddin al-Raziy belum menyelesaikan penulisan kitab tersebut, sepeti ditegaskan juga oleh ibnu Khalqan dalam buk Wafiyat al-A’yan, pertanyaanya adalah: siapa yang melanjutka penulisan Tafsir al-Raziy? dan sampai ayat mana al-Raziy menyelesaikanya? inilah pertanyaan yang sulit di jawab, karena kami tidak menemukan bukti otentikdan data-data yan valid mengenai hal tersebut, para ulama sendiri berbeda-beda pendapat, menurut Ibnu Hajar al-Asqalany, yang melanjutka dan menyempurnakan penulisan Tafsir al-Raziy adalah ahmad bin Muhammad bin Abi al-Hazam yang dukenal dengan Najmuddin al-Makhzumiy al-Qamuly, Wafat 727 H. brsambung.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar